TUGAS RINGKASAN "MANUSIA DAN CINTA KASIH" DOSEN ALI MUHLI.SE.MM


MANUSIA DAN CINTA KASIH


DOSEN : ALI MUHLI
EGA SRI LESTARI
(12118163)
1KA26








UNIVERSITAS GUNADARMA
TAHUN AJARAN 2018/2019



Kata Pengantar
            Assalamualaikum Wr.Wb
            Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan kami nikmat dan karunianya agar dapat menyelesaikan makalah ini dengan lancar dan tepat waktu. Shalawat serta salam mari kita junjungkan Nabi Besar kita Nabi Muhammad SAW yang telah memberikan kami rahmat sehat dan yang telah kami nanti – nantikan sa’faatnya di akhirat nanti.
            Kami sebagai penulis mengucapkan syukur terhadap nikmat yang telah Allah SWT berikan kepada kami agar dapat menyelesaikan makalah ini dengan judul “Manusia dan Cinta Kasih”.
            Kami juga menyadari terdapat banyak kesalahan dan kekurangan dalam pembuatan makalah ini. Maka dari itu kami membutuhkan saran dari semua pembaca agar dapat melengkapi kekurangan makalah ini. Kami mengucapkan maaf yang sebesar-besarnya dengan kekurangan yang terdapat pada makalah ini.
            Dan kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang membantu unutk menyelesaikan makalah ini dengan tepat waktu. Terutama untuk dosen Ilmu Budaya Dasar kami yaitu Bapak Ali Muhli yang membimbing kami dalam pembuatan maklah ini dengan baik.
            Demikian, semoga makalah ini menjadi bermanfaat bagi pembaca. Dan terimakasih.

Bekasi, 17 juni 2019

Penulis



Daftar isi
Kata pengantar …………………………………………………………………………….. 
Daftar isi …………………………………………………………………………………... 
Pengertian cinta kasih …………………………………………………………………….. 
Cinta menurut ajaran agama ……………………………………………………………… 
Kasih sayang ……………………………………………………………………………… 
Kemesraan ……………………………………………………………………………….. 
Pemujaan ………………………………………………………………………………… 
Belas kasihan ……………………………………………………………………………..
Cinta kasih erotis …………………………………………………………………………
Penutup (kesimpulan) …………………………………………………………………… 


     A.   Pengertian Cinta Kasih
Menurut kamus umum besar Indonesia karya W.J.S Poerwadarminta, cinta adalah rasa suka (kepada) atau (rasa) sayang (kepada), ataupun (rasa) sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Dan kata kasih artinya perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian arti dari cinta kasih adalah sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan. Cinta adalah rasa sangat mengasihi dan saying atau sangat tertarik hatinya. Adapun dari segi Bahasa cinta adalah ungkapan jiwa, ekspresi hati dan gejolak naluri yang berada pada ahti seseorang terhadap kekasihnya.
Meskipun cinta dan kasih memiliki arti yang hampir sama tetapi ada perbedaan pada cinta dan kasih. Perbedaannya adalah cinta lebih mengandung pengertian mendalamnya rasa, sedangkan kasih bersumber dari cinta yang mendalam. Cinta lebih berarah ke konsep abstrak lebih mudah dialami daripada dijelaskan. Cinta merupakan perasaan dimana setiap orang dapat menunjukan rasa kepeduliannya terhadap seseorang.
Cinta memiliki peran penting dalam kehidupan kita sebagai umat manusia. Cinta dapat menumbuhkan rasa kasih dan menciptakan kekeluargaan yang hangat, dapat menciptakan hubungan yang hangat antar masyarakat bertentangga. Dan cinta pun sebagai pengikat antara tuhan dengan manusia, dengan cinta manusia dapat menjalankan perintah tuhannya dengan ikhlas.
Menurut Andi Muhammad Rakasya cinta kasih adalh pemberian cinta terhadap individu yang kita cinta, karena cinta kasih itu tidak menerima, tetapi memberi. Tanpa mengharapkan suatu balasan.
Menurut Erich Fromm salah satu penulis buku bertema seni mencinta menyebutkan bahwa cinta itu terutama memberi, bukan menerima. Cinta memiliki untur-unsur tertentu seperti pengasuhan, tanggung jawab, perhatian dan pengenalan.
Contoh perilaku pada unsur pengasuhan yaitu seperti ibu dengan anaknya, sebagai ibu baik ibu kandung ataupun ibu tiri pasti akan selalu mengasuh anaknya dengan rasa cinta dan kasih dengan sepenuh hati. Untuk unsur tanggung jawab contohnya seperti suatu tindakan yang dilakukan dengan suka rela dalam kasus hubungan ibu dnegan anaknya menunjukan penyelenggaraan atas hubungan fisik. Salah satu unsur lagi adalah perhatian, pada unsur ini yang berarti memperhatikan bahwa pribadi lain itu hendaknya berkembang dan membuka diri sebagaimana mestinya. Dan unsur terakhir dalam cinta adalah pengenalan, unsur ini memiliki arti keinginan untuk mengetahui rahasia manusia atau lebih tepatnya yaitu ingin mengetahui manusia tertentu dari segala aspek kehidupannya.
Sedangkan menurut Dr.Sarlito W. Sarwono mengatakan bahwa cinta memiliki tiga unsur yaitu keterikatan, keintiman, dan kemesraan. Unsur keterikatan memiliki maksud adanya perasaan unutuk hanya bersama dia, sehingga perioritas kita hanya untuk pasangan, tidak mau pergi dengan orang lain keculai dengan pasangan kita(dia). Hamper seluruh hidup kita terikat dengan dia sebagai pasangan yang tidak boleh melewatkan satu moment tanpa pasangan kita.
Pada unsur kedua yaitu keintiman memiliki arti adanya kebiasaan-kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukan bahwa antar pasangan yang sudah tidak ada jarak lagi. Dan pada unsur ini akan emmiliki kecenderungan tidak mempunyai rasa malu dengan pasangan masing-masing. Pada unsur ini mempunyai contoh tindakan seperti makan dan minum satu wadah berdua tanpa rasa rishi, meminjam uang tanpa rasa hutang, saling menyimpan rahasia satu sama lainnya, dan masih banyak contoh lainnya. Terakhir dari unsur cinta adalah kemesraan, artinya adalah adanya rasa kangen yang mendalam karena jarang bertemu, adanya ucapan-ucapan sayang dan seterusnya.
Dan berikut ini adalah gambar tiga unsur dari cinta menurut Dr. Sarlito W. Sarwono

Lebih berat lagi jika salah satu unsur cinta itu tidak ada sama sekali, sehingga tidak sempurna dan dapat disebut bukan cinta.
Akan tetapi menurut Dr. sarlito W. Sarwono mengatakan bahwa tidak semua unsur dalam cinta memiliki kekuatan yang sama. Kadang cinta ada yang keterikatannya kuat tetapi kemesraan dan keintimannya kurang. Cinta yang memiliki kondisi seperti ini mengandung kesetiaan yang kuat , memiliki rasa cemburu yang cukup besar, dan yang dirasakan oleh pasnagan adalah sikap dingin atau hambar Karen atidak adanya kehangatan yang ditimbulkan oleh kemesraan dan keintiman. Contohnya seperti pasnagan yang saling menyenangkan, tetapi tisak mesra karena salah satu dari pasangan itu masih setia pada hal-hal lain dari pada dengan pasangannya.
Jadi cinta itu lahir atau tumbuh dari semua unsur yang membangun rasa cinta itu sendiri, dengan adanya rasa peduli, rasa keterikatan, rasa tidak mau kehilangan, dan lain-lain yang dapat melahirkan atau menumbuhkan rasa cinta itu.
Dan pengertian cinta ini juga dikemukakan oleh Dr. Abdullah Nasih Ulwan, yang menulis tentang manajemen cinta. Menurut Dr. Abdullah Naish Ulwan cinta adalah perasaan jiw adan gejolak hati yang mendorong seseorang untuk mencintai kekasihnya dengan penuh gairah, lembut, dan kasih saying. Cinta adalah fitrah manudia yang murni, yang tak daoat dipisahkan dengan cara uang terhormat dan mulia, suci dan penuh taqwa, tenti ia akan mempergunakan cnta itu untuk mencapai keinginanya yang suci dan mulia pula. Itu adalah pengertian cinta menurut Dr. Abdullah Nisah Ulwan yang terdapat pada buku yang ia tulis.
Cinta tidak hanya dikemukakan oleh para ahli, tetapi cinta juga ditemui pada al-qur’an dengan adanya fenomena cinta yang tersembunyi di dalam jiwa manusia. Cinta memiliki tiga tingkatan yaitu tinggi, menengah, dan rendah. Tingkatan cinta tersebut berdasarkan firman Allah dalam surah At-Taubah ayat 24.
Adapun contoh dari cinta tingkat tinggi adalah cinta kepada Allah, Rasulullah dan berjihad dijalan Allah. Sedangkan untuk cinta tingkat menegah adalah cinta kepada orang tua, anak, saudara,istri/suami dan kerabat. Untuk cinta tignkat rendah adalah cinta yang lebih mengutamakan cinta keluarga, kerabat, harta dan tempat tinggal. Bagi setiap orang islam yang bertaqwa, cinta kepada Allah, pada rasul, dan berjihad dijalan Allah merupakan cinta yang tidak ada duanya bahkan ini termasuk pada rukun islam. Hal ini merupakan suatu pendorong utama dalam menjunjung tinggi agama islam.
Maka tidak diragukan lagi, bahwa seorang yang telah merasakan kenikmatan iman didalam hatinya, ia akan mencurahkan segala cintanya hanya kepada Allah kerena telah menyakini bahwa Allah yang maha sempurna, maha esa, dan maha indah. Tidak ada satupun manusia yang memiliki kesempurnaan sepertinya. Maka hanya dengan ketulusan iman yang sejati itulah yang harus diikuti karena dialah yang maha tinggi, maha sempurna.
Dan adapula hakikat cinta menengah adalah suatu energy yang dating dari perasaan hati dan jiwa. Perasaan ini timbul karena hubungan cinta antar apasangan semakin akrab. Tidak hanya karena factor hubungan cinta saja tetapi juga Karena hubungan kasih saying dan kesetiaan.
Berawal dari perasan lembut yang ditanamkan oleh Allaj dalam hati dan jiwa seseorang inilah yang akan membentuk perasaan kasih saying dan cinta dari seseorang terhadap orang lain. Seperti seorang anak terhadap orang tuanya, orang tua terhadap anak-anaknya, seorang suami terhadap istrinya atau sebaliknya, cinta seorang penduduk dengan tanah airnya, dan lain-lain.
Dalam cinta menengah ini adapula akibat yang dapat ditimbulkan dan sangat terlihat sangat nyata. Seperti jika bukan disebabkan perasaan kasih saying yang ditanamkan oleh Allah didalam hati maka sepasang suami istri, tidak akan terwujud suatu keluarga, taka da keturunan, tak ada asuhan, dan dak ada bimbingan oandidikan. Jadi pada cinta menengah ini harus didasarkan oleh kehendak Allah yang maha agung.
Selanjutnya adalah cinta tingkat rendah. Cinta tingkat ini adalah cinta yang sangat keji, hina maka dari itu disebut dengan cinta rendahan. Bentuk dari cinta tingkat ini adalah cinta yang berdasarkan hawa nafsu contohnya kita menikahi pasangan kita hanya karena untuk memuaskan hawa nafsu kita terhadap lawan jenis buakn karena mencari ridho Allah. Contoh lainnya adalah cinta yang lebih mengutamakan cinta kepada orang tua, anak, harta, dan tempat tinggal dibandingkan dengan cinta kepada Allah.
Adapun hikmah dari rasa sayang cinta adalah sangat besar. Diantaranya adalah sebagai berikut :
·         Sesungguhnya cinta itu adalah ujian terberat dan pahit dalam kehidupan manusia. Karena setiap cinta akan mengalami berbagai rintangan. Dan semua pertanyaan tentang cinta akan terjawab dengan adanya rintangan dan dapat terselesaikan dengan adanya rintangan dalam hubungannya.
·         Bahwa dengan adanya cinta dapat menjdikan suatu pendorong bagi manusia untuk menjalankan hidupnya. Kalua bukan karena cinta tentu saja manudia tidak ada pendorong lain yang akan memajukan kehidupannya dan mewujudkan cita-citanya. Jadi bisa kita simpulkan bahwa cinta juga berpengaruh besar dalam memajukan kemauan kita dalam hidup, jika tanpa cinta maka tidak aka nada kemajuan hidup yang akan kita jalani.
·         Dan cinta juga merupakan factor utama dalam melanjutkan hidup manusia. Cinta merupakan modal utama dalam mengenal berbagai macam keindahan alam, kehidupan dan kemanusiaan didunia ini.
·         Cinta merupakan pengikat utama yang paling kuat didalam menjalin hubungan antar keluarga, kerukunan masyarakat, menghormati sesama manusia, menegakkan keamanan, mencintai sesama mahkluk hidup. Karena cinta merupakan benih dari segala kasih dan saying dan segala bentuk persahabatan dimanapun itu berada.
·         Dan cinta menjadi sebuah factor utama dalam membangun tujuan hidup manusia. Dengan adanya cinta kita dapat menemukan tujuan hidup kemana kita akan melangkah untuk melanjutkan hidup kita. Dengan begitu hidup kita akan lebih terarah karena memiliki tujuan.

Cinta yang menghubungkan tali kedekatan setiap manusia. Kasih saying adalah satu-satunya penunjuk akan sebuah cinta, yang menghubungkan rasa kasih dan sayangnya pada seseorang yang dekat dengannya. Adapula yang menyebutkan cinta itu berbeda dengan kasih saying. Namun, sebenarnya kurang tepat, karena cinta adalah kasih saying. Tapi kasih saying itu belum tentu dapat dikatakan cinta.
Adapun pengaruh yang djümbulkan oleh cinta menengah ini akan nampak jelas hasilnya. Jika bukan disebabkan perasaan kasih sayang yang ditanamkan oleh Tuhan dalam hati, sepasang suami istri, tentü tidak akan teröentuk suatu keluarga, tak akan ada ketuıunan, tak akan ada ketunınan, tak akan terwujud asuhan, bimbingan, dan pendidikan tethadap anak. Cinta tingkat terendah adalah cinta yang paling keji, hina dan merusak rasa kemanusiaan. Karena itü ia adalah cinta rendahan. Bentuknya beraneka ragam misalnya :
1.      cinta kepada thagut. Thagut adalah syetan, atau sesuatu yang disembah selain Tuhan. Dalam surat Al Baqarah, Allah berfımıan :
dan diantara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allah
2.      cinta berdasarkan hawa nafsu.
3.      cinta yang lebih mengutamakan kecintaan pada omng tua, anak, istri, pemiagaan dan tempat tinggal.

     B.    CINTA MENURUT AJARAN AGAMA
Ada yang berpendapat bahwa etika cinta dapat dipahaami dengan mudah tanpa dikaitkan dengan agama. Di satu pohak, cinta didengungkan lewat lagu dan organisasi perdamaian dunia, tetapi dipihak lain dalam praktek kehidupan cinta sebagai dasar kehidupan jauh dari kenyataan. Atas dasar ini, agama memberikan ajaran cinta kepada manusia.
Dalam kehidupan manudia, cinta emnampakkan diri dalam berbagai bentuk. Bisa seperti seseorang mencintai dirinya sendiri, kadang-kadang mencintai orang lain, atau dengan istri dan anaknya, hartanya, atau Allah dan Rasulnya. Semua bentuk cinta ini bisa kita dapatkan dalam kitab suci al-quran.
·         Cinta diri
Cinta diri erat kaitannya dengan dorongan menjaga diri. Manusia senang untuk tetap hidup, mengembangkan potensi dirinya, dan mengaktualisasikan diri.  Sama seperti mencintai segala sesuatu yang mendatangkan kebaikan pada dirinya. Al-Qur'an telah mengungkapkan cinta alamiah manusia terhadap dirinya sendiri ini, kecenderungannya untuk menuntut segala sesuatu yang bemanfaat dan berguna bagi dirinya, dan menghirdari dari segala sesuatu yang membahayakan keselamatan dirinya, malalui ucapan Nabi Muhammad SAW, bahwa seandainya beliau mengetahui gaib, tentu beliau akan memperbanyak hal-hal yang baik bagi dirinya dan menjauhkan dirinya dari segala keburukan.
Cinta diri bersumber pada diri sendiri. Cinta ini bernilai positif jika mengandung makna bahwa seseorang dapat mengurus dirinya dalam kebutuhan jasmani dan rohani.
Diantara gejala yang menunjukkan kecintaan manusia terhadap dirinya seridiri  kecintaannya yang sangat terhadap harta, yang dapat merealisasikan semua  dan memudahkan baginya segala sarana untuk mencapai kesenangan dan kemewahan hidup. (QS, al-"Adiyat, 100:8)
Diantara gejala lain yang menunjukkan kecintaan manusia pada dirinya sendiri ialah permohonannya yang terus menerus agar dikałunia harta, kesehatan, dan berbagai kebaikan dan kenikmatan hidup lainnya. Dan apabila ia tertimpa bencana, keburukan, atau kemiskinan, ia merasa putus asa dan mengira ia tidak akan bisa memperoleh karunia lagi (QS, Fushilat, 41 : 49)
Namun hendaknya cinta manusia pada dirinya tidaklah terlalu berlebih-lebihan dan melewati batas. Sepatumya cinta pada diri sendiri ini diimbangi dengan cinta pada orang lain dan cinta berbuat kebajikan kepada mereka.
·         Cinta kepada sesama manusia
Allah memberi isyarat tentang kecintaan manusia pada dirinya sendiri, seperti yang tampak pada keluh kesahnya apabila ia tertimpa kesusahan dan usahanya yang terus menerus untuk memperoleh kebaikan dałam memberikan sebagian karunia yang diperolehnya, setelah itu Allah langsung memberi pujian kepada orang-orang yang berusaha untuk tidak berlebih-lebihan dałam cintanya kepada diri sendiri dan melepaskan diri dari gejala-gejala itu adalah dengan melalui iman, menegakkan shalat, memberikan zakat,  kepada orang-orang miskin dan tak punya, dan menjauhi segala larangan Allah. Keimanan yang demikian ini akan bisa menyeimbangkan antara cintanya kepada diri sendiri dan cintanya pada orang lain, dan dengan demikian akan bisa merealisasikan kebaikan individu dan masyarakat. Al-Qur'an juga menyeru kepada orang-orang yang beriman agar saling cinta łnencintai seperti cinta mereka pada diri mereka sendiri. Dalam seruan itu sesungguhnya terkandung pengarahan kepada para mukmin agar tidak berlebih-lebihan dalałn mencintai diri sendiri.
Cinta sesama manusia diwujudkan menusia dalam tingkah atau perbuatannya. Cinta ini tidak mengenal adanya batas-batas manusia berdasarkan sara. Dalam menjalankan hidup didunia ini, kita sadari bahwa kita hidup tidak hanya sendiri, kita membutuhkan orang lain. Ada baiknya dalam menjalankan kehidupan ini kita dapat mencintai =, memberikan kasih saying kita kepada sesame makhluk Allah yaitu manusia.
·         Cinta seksual
Cinta erat kaitannya dengan dorongan seksual. Sebab ialah yang bekerja dałam melestarikan kasih sayang, keserasian, dan kerjasama antara suami dan istri. la merupakan faktor yang primer bagi kelangsungan hidup keluarga
"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian iłu benar-benar kelangsungan jenis. Lewat dorongan seksualah terbentuk keluarga. Dari kcluarga terbentuk terdapat tanda-tanda bagi yang berpikir . QS, Ar-Rum, 30:21)
Dorongan seksual melakukan suatu fungsi penting, yaitu melahirkan kcturunan demi masyarakat dan bangsa. Dengan demikian pun łnenjadi ramai, bangsa-bangsa saling kenal mengenal, kebudayaan berkembang, dan ilmu pengetahuan dan industri menjadi maju. Islam mengakui domngan seksual dan tidak mengingkarinya. Jelas dengan sendirinya ia mengakui pula cinta seksual yang menyertai dorongan tersebut. Sebab ia merupakan emosi alarniah dalam diri manusia yang tidak diingkari. tidak ditentang ataupun ditekannya. Yang diserukan Islam hanyalah pengendalian dan penguasaan cinta ini, lewat pemenuhan dorongan tersebut dengan cara yang sah, yaitu dengan perkawinan.
·         Cinta kebapakan
Mengingat bahwa antara ayah dengan anak-anaknya tidak terjalin oleh ikatan-ikatan fisiologis seperti yang menghubungkan si ibu dengan anak-anaknya, maka para ahli ilmu jiwa modem berpendapat bahwa dorongan kebapakan bukanlah dorongan fisiologis scperti halnya dorongan keibuan, melainkan domngan psikis. Dorongan ini nampak jclas dalam cinta bapak kepada anak-anaknya, karena mereka sumber kesenangan dan kegembiraan baginya. sumber kekuatan dan kebanggaan , dan mempakan faktor penting bagi kelasungan peran bapak dan kehidupan dan tetap terkenangnya dia setelah meninggal dunia. Ini terlihat jelas dalam do'a Zakaria as, yang memohon pada Allah semoga ia dikarunia seorang anak yang akan mewarisinya dan mewarisi keluarga Ya'qub
Cinta kebapakan dalam Al-Qur'an diisyaratkan dalam kisah nabi Nuh as. Betapa cintanya ia kepada anaknya, tampak jelas ketika ia memanggilnya dengan penuh. rasa cinta. kasih sayang, dan belas kasihan. untuk naik ke perahu agar tidak tenggelam ditelan ombak
"....Dan Nuh memanggil anaknya - sedang anak itu berada di tempat yang jauh terpencil - : "Hai..anakku, naiklah (kekapal) bersama kami dan janganlah kamu berada bersama-sama orang-orang yang kafir ".(QS, Yusuf, 12:84)
Cinta ini nampak pula dalam doa nabi Nuh as, yang memohon pada Allah semoga anaknya selamat :
"Dan Nuh berseru kepada Tuhannya sambil berkata : "Ya Tuhanku, Sesungguhnya anakku termasuk keluargaku, dan sesungguhnya janji Engkau itulah yang benar. Dan Engkau adalah Hakim yang seadil-adilnya (QS, Hud, 11:45)
Biasanya cinta kebapakan nampak dalam pematian seorang bapak pada anak-anaknya, asuhan, nasehat, dan pengarahan yang diberikannya pada mereka, demi kebaikan dan kepentingan mereka sendiri.

·         Cinta kepada Allah
Puncak cinta manusia, yang paling bening, jemih dan spiritual ialah cintanya kepada Allah dan kerinduannya kepada-Nya. Tidak hanya dalam shalat, pujian, dan doanya saja, tetapi juga dalam semua tindakan dan tingkah lakunya. Semua tingkah laku dan tindakannya ditujukan kepada Allah, mengharapkan penerimaan dan ridha-Nya:
"Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu". Allah maha pengampun lagi maha penyayang" (QS, Ali Imran, 3:31)
Cinta yang ikhlas seorang manusia kepada Allah akan membuat cinta itu menjadi kekuatan pendorong yang mengarahkannya dalarn kehidupannya dan menundukkan semua bentuk kecintam Iainnya. Cinta ini pun juga akan membuatnya menjadi seorang yang cinta pada sesama manusia, hewan, semua mahluk Allah dan seluruh alam semesta. Sebab dalam pandangannya semua wujud yang ada di sekelilingnya mempunyai manifestasi dari Tuhannya yang membangkitkan kerinduan-kerinduan spiritualnya dan harapan kalbunya. Dalam pandangan agama atau kehidupan ini cinta yang pertama harus kita miliki ini ialah Cinta Kepada Allah swt. Dimana kita mencintainya dengan selalu bersyukur, selalu menjalankan ibadanya, serta mematuhi perintahnya dan menjauhi larangannya. Kita sadari bahwa cinta yang Allah berikan kepada kita adlaah cinta dan kasih saying yang sangat besar, Allah menciptakan kita sebagai manudia karena manusia adalah makhluk sempurna yang Allah berikan.
·         Cinta kepada Rasul
Cinta kepada rasul, yang diutus Allah sebagai rahmah bagi seluruh alam semesta, menduduki peringkat ke dua setelah cinta kepada Allah. Ini karna Rasul merupakan ideal sempuma bagi manusia baik dalam tingkah laku, moral, maupun berbagai sifat luhur Iainnya. Seorang mukmin yang benar-benar beriman dengan sepenuh hati akan mencintai Rasulullah yang telah menanggung derita dakwah Islam, beduang dengan penuh segala kesulitan sehingga Islam tersebar di seluruh penjuru dunia. dan membawa kemanusiaan dari kekelamah kesesatan menuju cahaya petunjuk.

     C.   KASIH SAYANG
Pengertian kasih sayang menurut kamus umum bahasa indonesia karangan W.J.S.Poerwadanninta adalah perasaan sayang, perasaan cinta atau perasaan suka  seseorang. Dalam kehidupan berumah tangga kasih sayang merupakan kunci kebahagiaan. Kasih sayang ini merupakan pertumbuhan dari cinta.'Percintaan muda-mudi (pria-wanita) bila diakhiri dengan perkawinan, maka didalam berumah tangga keluarga muda itu bukan lagi bercinta-cintaan, tetapi sudah bersifat kasih mengasihi atau saling menumpahkan kasih sayang.
Kasih sayang dapat diartikan sebagi perasaan sayang, perasaan cinta atau perasaan suka kepada seseorang. Dalam kasih sayang sadar atau tidak sadar dari masing-masing pihak dituntut tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, saling pengenian, saling terbuka. sehingga keduanya merupakan kesatuan yang bulat dan utuh. Bila salah satu unsur kasih sayang hilang, misalnya unsur tanggung jawab, maka retaklah keutuhan rumah tangga itu. Kasih sayang yang tidak disertai kejujuran, terancamlah kebahagiaan rumah tangga itu. Kasih saying merupakan suatu sikap saling menghormati dan mengasihi semua ciptaan Allah swt baik makhluk hidup maupun benda mati seperti menyayangi diri sendiri berlandaskan hati nurani yang luhur. Kita sebagai warga negara yang baik sudah seoatutnya untuk terus memupuk rasa kasih saying terhadap orang lain tanpa membedakan saudara, suku, ras, golongan, warna kulit, kedudukan social, jenis kelamin, dan tua atau muda.
Kasih sayang, dasar komunikasi dalam suatu keluarga. Komunikasi antara anak dan orang tua. pada prinsipnya anak terlahir dan terbentuk sebagai hasil curahan kasih sayang orang tuanya. Pengembangan watak anak dan selanjutnya tak boleh lepas dari kasih sayang dan pematian orang tua. Suatu hubungan yang han•nonis akan terjadi bila hal itu terjadi secara timbal balik antara orang tua dan anak.
Suatu kasus yang sering terjadi, yang menyebabkan seseorang menjadi morfinis, keberandalan remaja, frustasi dan sebaginya, dimana semuanya dilatar belakangi kurangnya pematian dan kasih sayang dalam kehidupan keluarganya.
Adanya kasih sayang ini mempengaruhi kehidupan si anak dalam masyarakat. Orang tua dalam memberikan kasih sayangnya bemacam-macam demikian pula sebaliknya. Dari cara pemberian cinta kasih ini dapat dibedakan
1.      Orang tua bersifat aktif, si anak bersifat pasif.
Dalam hal ini orang tua memberikan kasih sayang temadap anaknya baik berupa moral-materiil dengan sebanyak-banyaknya, dan si anak menerima saja, mengiyakan, tanpa memberikan respon. Hal ini menyebabkan si anak menjadi takut, kurang berani dalam masyarakat, tidak berani menyatakan pendapat, minder, sehingga si anak tidak mampu berdiri sendiri di dalam masyarakat.
2.      Orang tua bersifat pasif, si anak bersifat aktif.
Dalam hal ini si anak berlebih-lebihan memberikan kasih sayang temadap orang tuanya, kasih sayang ini diberikan secara sepihak, orang tua mendiamkan saja tingkah laku si anak, tidak memberikan pematian apa yang diperbuat si anak.
3.      Orang tua bersifat pasif, si anak bersifat pasif.
Di sini jelas bahwa masing-masing membawa hidupnya, tingkah lakunya sendiri-sendiri, tanpa saling memperhatikan. Kehidupan keluarga sangat dingin, tidak ada kasih sayang, masing-masing membawa caranya sendiri, tidak ada tegur sapa jika üdak perlu. orang tua hanya memenuhi dalam bidang materi saja.
4.      Orang tua bersifat aktif, si anak bersifat aktif
Dalam hal ini orang tua dan anak saling memberikan kasih sayang dengan sebanyak-banyaknya. Sehingga hubungan antara orang tua dan anak sangat intim dan mesra, saling mencintai, saling menghargai, saling membutuhkan.
Kasih sayang itu nampak sekali bila seorang ibu sedang menyusui atau menggendong, bayinya itu diajak bercakap-cakap, ditimang-timang, dinyanyikan, meskipun bayi itu tak tahu ani kata-kata, lagu dan sebagainya. Menurut Asrus Sani dalam sajaknya "surat dari Ibu" mengungkapkan betapa tulus cinta kasih sayang seorang ibu kepada anaknya. Dalam sajaknya itu, Asul Sani mengungkapkan betapa tulus dan cinta kasih sayang seorang ibu kepada anaknya bukan dengan memanjakannya melainkan dengan nasehat dan petuah-petuah agar anaknya pergi menuntut ihnu ke negeri seberang, dan mencari pengalaman hidup sebanyak-banyaknya. Kalau anaknya telah menjadi "orang" barulah ia boleh pulang, dan si ibu akan membicarakan masa depannya, hidup berumah tangga.
Ada bermacam-macam kasus kasih sayang dalam kehidupan. Semua orang tua mengharapkan hidup anaknya bahagia. Karena itu, tidak sedikit orang tua menumpahkan kasih sayang secara berbeda-beda sesuai dengan kemampuan dan pendapatnya. Ada yang secara berlebihan, disiplin, secara memberikan kebebasan dan sebagainya. Karena itu ada yang berhasil, tetapi banyak juga yang gagal. Menurut Andi Muhammad Rakasya berpendapat bahwa kasih saying itu merawat, menjaga, yang pasti sifatnya melindungi. Maka kasih saying berbeda dengan cinta.
     D.   KEMESRAAN
Kemesraan berasal dari kata dasar mesra. yang artinya perasaan simpati yang akrab. Kemesraan ialah hubungan yang akrab baik antara pria wanita yang sedang dimabuk asmara maupun yang sudah berumah tangga. Kemesraan pada dasamya merupakan perwujudan kasih sayang yang mendalam. Yose Ortage Y Gasset dalam novelnya "On love" mengatakan "dikedalaman sanubarinya seorang pencinta merasa dirinya bersatu tanpa syarat dengan obyek cintanya. Persatuan bersifat kebersamaan yang mendasar dan melibatkan seluruh eksistensinya".
Cinta yang berlanjut menimbulkan pengertian mesra atau kemesraan. Kemesraan adalahhubungan akriab aik antara pria dan wanita yang sedang dimabuk asmara maupun yang sudah berumah tangga. Kemesraan merupakan perwujudan dari cinta. Kemesraan cinta tidak saja terpatri dalam lubuk hati masing-masing tetapi juga memancar dari sinar mata keduanya yang bening dan belaian-belaian mesra jari-jemari mereka yang bergetar. Kemesraan dapat menimbulkan daya kreativitas manusia. Kasih sayang adalah perasaan saying, perasaan cinta atau perasaan suka kepada seseorang. Cinta adalah sebuah perasaan yang diberikan oleh tuhan pada sepasang manusia untuk saling mencintai, saling memiliki, saling memenuhi, saling pengertian. Dengan cinta yang sudah dibentuk dan terbentuk itu akan menciptakan suatu kemesraan. Tiap manusia pernah bercinta, hanya saja tidak setiap manusia dapat melahilkan rasa cinta dalam bentuk seni. Bagi penyair mencurahkan rasa cintanya adalah biasa. Kalau Rendra mencurahkan kemesraannya dalam bentuk puisi, maka Chairil Anwar mencurahkan kemesraannya dalam bentuk yang bebas dari bentuk yang telah ada. Coba resapilah sajak kemesraan Chairil Anwar di bawah ini

AJAKAN
Ida
Menembus sudah cahaya
Udara tebal kabut
Kaca hitam lumut
Pencar-pencar sekarang
Di ruang tengah lapang
Mari ria Iagi
Tujuh belas tahun kembali
Bersepeda sama-gandengan
Kita jalani ini jalan
Ria bahagia
Tak acuh apa-apa
Gembira riang
Biar hujan dating
Kita mandi basahkan diri
Tahu pasti sebentar kering Iagi.

Dalam cerpen "transaksi" karangan Umar Nur Zain diceritakan tokoh "aku" , seorang pejabat yang berlagak demawan. Cerpen itu mampu mengajak kita prihatin perihal solidaritas nasiqnal. Misalnya perihal moral Puspa dan moral "aku" dari sudut pelajaran agama. Belum Iagi- soal belum lábilnya honor musisi kita dan masih banyak Iagi. Berkat kecematan penulis temadap atribut kota Metropolitan Jakarta membuat penelaah beranggapan ceqpen tersebut mempunyai identitas Indonesia. Pada hakekatnya penulis memprotes sengit kebangkmtan dan menyimanya morał kita dewasa ini.
            Pada akhirnya dengan perpaduan kasih saying, cinta dan kemesraan tersebut akan menciptakan suatu eharmonisan dala kehidupan berumah tangga maupun dalan menjalin hubungan cinta dengan kekasih kita.
            Andi Muhammad Rakasya berpendapat bahwa kemesraan adlaah aksi dari konsep cinta, bukan cintanya tetapi konsep cinta. Karena cinta lebih didominasi dengan suatu persatuan, timbal balik, dan hubungan.
            Ada pula, tingkatan kemesraan dapat dibedakan berdasarkan umur, yaitu :
·         Kemesraan dalam tingkat remaja, terjadi dalam masa puber atau genetal pubertas yaitu dimana masa remaja memiliki kematangan organ kelamin yang menyebabkan dorongan seksualitasnya kuat.
·         Kemesraan dalam rumah tangga, terjadi antara pasangan suami istri dalam perkawinan. Biasanya pada tahun awal perkawinan, kemesraan masih sangat terasa, namun bisa sudah agak lama biasanya semakin berkurang.
·         Kemesraan manusia usia lanjut, kemesraan bagi manusia berbeda dengan pada usia sebelumnya. Pada masa ini diwujudkan dengan jalan-jalan dan sebagainya.


     E.    PEMUJAAN
Pemujaan adalah salah satu manifestasi cinta manusia kepada Tuhannya yang diwujudkan dalarn bentuk komunikasi ritual. Pemujaan adalah dimana kita memuja atau mengagungkan sesuatu yang kita senangi. Pemujaan dapat dilakukan dalam berbagai aspek seperti memuja pada leluhur, memuja pada agama tertentu dan kepercayaan bahwa leluhur yang telah meninggal masih memiliki kemampuan untuk mempengaruhi keberuntungan orang yang masih hidup. Fungsi social dari pemujaan leluhur adlah untuk meningkatkan nilai-nilai kekeluargaan, seperti bakti pada orang tua, kesetiaan keluarga, serta keberlangsungan garis keturunan keluarga. Kecintaan manusia kepada Tuhan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Hal ini ialah karena pemujaan kepada Tuhan adalah inti, nilai dan makna kehidupan yang sebenamya.
Seperti dałam surat Al-Furqon ayat 59 - 60 yang menyatakan, " Dia yang menciptakan langit dan bumi besefla apa-apa diantara keduanya dalarn enam rangkaian masa, kemudia dia bertahta di atas singgasana-Nya. Dia maha pengasih, maka tanyakanlah kepada-Nya tentang soal-soal apa yang perlu diketahui". Selanjutnya ayat 60, "Bila dikatakan kepada mereka, sujudlah kepada Tuhan yang maha pengasih. Tuhan adalah pencipta, tetapi Tuhan juga penghancur segalanya, bila manusia mengabaikan segala perintahnya. Karena iłu ketakutan manusia selalu mendampingi hidupnya dan untuk menghilangkan ketakutan itu manusia memuja-Nya. Dałam surat Al-Mu 'minun ayat 98 dinyatakan, ” Dan aku berlindung kepada-Mu. Ya Tuhanku, dari kehadiran-Nya di dekatku.
Pemujaan-pemujaan iłu sebenanya karena manusia ingin berkomunikasi dengan Tuhannya. hal ini beram manusia mohon ampun atas segala dosanya. mohon perlindungan, mohon dilimpahkan kebijaksanaan, agar ditunjukkan jalan yang mobn ditambahkan segala kekurangan yang ada pulanya, dan lain-lain.
Cara pemujaan dalam kehidupan manusia terdapat berbagai perbedaan sesuai dengan ajaran agama, kepercayaan, kondisi dan situasi. Tempat oemujaan merupakan tempat komunikasi manusia dengan tuhan. Berbagai seni sebagai manifestasi pemujaan merupakan suatu tambahan tersendiri dalam terciptanya kehidupan yang lebih indah.

     F.    BELAS KASIHAN
Dalam surat Yohanes dijelaskan ada tiga macam cinta. Cinta ialah cinta manusia kepada Tuhan. Disamping itu masih ada cinta lagi yaitu cinta terhadap sesanva. Cinta temadap sesama merupakan perpaduan antara cinta agape dan cinta philia.
Cinta sesama ini diberikan istilah belas kasihan untuk membcdakan antara cinta kcpada orang tua, pria-wanita, cinta kepada Tuhan.Dalam cinta sesama ini dipergunakan istilah belas kasihan, karena cinta disini bukan karna cakapnya, kayanya, cantiknya. pandainya. melainkan karena penderitaannya. Penderitaan ini mengandung arti yang luas. Mungkin tua, sakit-sakitan, yatim, yatim piatu, penyakit yang dideritanya, dan sebagainya.
Dalarn surat Al-Qolam ayat 4, maka manusia menaruh belas kasihan kepada orang Iain, karena belas kasihan adalah perbuatan orang yang berbudi. Sedangkan orang yang berbudi sangat dipujikan oleh Allah swt. Dalam esai on love ada pengenian bahwa cinta adalah rasa persatuan tanpa syarat. Itu berani dalam rasa belas kasihan tidak terkandung unsur pamrih. Belas kasihan yang kita tumpahkan benar-benar keluar dari lubuk hati yang ikhlas. Kalau kita memberikan uang pada pengemis agar mendapatkan pujian, itu berarti tidak ikhlas, berarti ada tujuan tertentu. Hal seperti itu banyak terjadi dalam masyarakat.
Dengan demikian belas kasih adalah kebajikan satu dimana kapasitas emosional empati dan simpati untuk penderitaan orang lain dianggap sebagai bagian dari cinta itu sendiri, dan landasan keterkaitan social yang lebih besar dan humanisme. Belas kasihan adalah emosi manusia yang muncul akibat penderitaan oranglain. Lebih kuat dari empati, perasaan ini biasanya memunculkan usaha mengurangi penderitaan orang lain. Hal ini sering, meskipun tidak pasti, komponen kunci dalam apa yang memanifestasikan dalam konteks social.
a.       cara-cara menumpahkan belas kasihan
Dalarn kehidupan banyak sekali yang harus kita kasihani dan banyak cara kita menumpahkan belas yang perlu kita kasihani antara Iain: yatim piatu, orang - orang jompo yang tidak mempunyai dili waris, pengemis yang benar-benar tidak mampu bekerja, orang sakit di rumah sakit, orang cacat, masyarakat kita yang hidup menderita dan sebaginya. Orang-orang itu umunya menderita lahir dan batin dan umumnya sedikit tangan yang menaruh belas kasihan.
Berbagai macam cara orang memberikan belas kasihan bergantung kepada situasi dan kondisi. Ada yang memberikan uang, ada yang memberikan barang, ada yang memberikan pakaian, makanan dan sebagainya.

     G.   CINTA KASIH EROTIS
Cinta kasih kesaudaraan merupakan cinta kasih antar orang-orang yang sama-sama sebanding, sedangkan cinta kasih ibu mempakan cinta kasih terhadap orang-orang yang lemah tanpa daya. Walaupun terdapat perbedaan besar antara kedua jenis tersebut, kedua-duanya mempunyai kesamaan bahwa pada hakekatnya cinta kasih tidak tertatas kepada seseorang saja. Bila saya kasihi saudara saya, semua anak saya, disamping itu bahkan  saya kasihi semua anak-anak yang membutuhkan saya. Berlawanan dengan kedua jenis cinta kasih tersebut ialah cinta kasih erotis, yaitu kehausan akan penyatuan yang sempurna, akan penyatuan dengan seseorang lainnya. Pada hakekatnya cinta kasih tersebut bersifat ekslusif, bukan universal, dan juga barangkali merupakan bentuk cinta kasih yang paling tidak dapat dipercaya. Cinta jenis ini kerap terjadi pada usia remaja, dimana pada masa ini remaja sedang mengalami masa pubertas. Sehingga pada masa transisi ini rasa ingin tahunya terhadap lawan jenis cukup besar. Cinta ini membutuhkan control secara menyeluruh, agar mereka yang mengalaminya tidak terjatuh kedalam hal-hal yang melanggar norma.
Cinta kasih erotis adalah kehausan akan penyatuan sempurna akan penyatuan dengan yang lainnya. Keinginan untuk bersatu dan berteman dengan lawan jenis, untuk menghilangkan sepi atau menenangkan suatu naluri seksual. Cinta ini terjadi antara dua orang anak manudia berlainan jenis, yang ingin menyatukan diri mereka untuk mengisi kekosongan hidup dan sebagai teman hidup dalam mengarungi bahtera kehidupan. Cinta kasih kesaudaraan merupakan cinta kasih anatara orang-orang yang sama-sama sebanding, sedangkan cinta kasih ibu merupakan cinta kasih terhadap orang-orang yang lemah tanpa daya.
Keinginan seksual menuju kepada penyatuan diri, tetapi sekali-kali bukan merupakan nafsu fisis belaka, untuk meredakan ketegangan yang menyakitkan. Keinginan seksual dapat distimuli, dirangsang oleh ketakutan karena sepi, oleh keinginan untuk menaklukan atau untuk ditaklukan, oleh keangkuhan, oleh keinginan untuk menyakiti, bahkan oleh keinginan untuk memusnahkan. Semua iłu dapat memberikan stimulasi yang sama beramya dengan cinta kasih. Rupa-rupanya keinginan seksual dengan mudah dapat dicampuri atau distimulasi oleh tiap-tiap perasaan yang mendalam, sedangkan cinta kasih merupakan salah satu diantaranya. oleh karena bagi kebanyakan orang keinginan seksual senantiasa disałnakun dengan gagasan cinta kasih, mereka mudah terbawa oleh kesimpulan yang salah bahwa mereka sedang mencintai dan mengasihi yang lain. sedangkan yang sebenamya terjadi ialah bahwa mereka saling menginginkan secara fisis.
Cinta kasih dapat merangsang keinginan untuk bersatu secara seksual. Dałam hal itu, hubungan fisis tadi tidak memperlihatkan sifat-sifat yang rakus atau serakah dałam keinginan untuk menaklukan atau untuk ditaklukan, tetapi akan tercampur dengan kehalusan bertindak serta kemesraan. Apabila keinginan untuk penyatuan fisis tidak dirangsang oleh cinta kasih, apabila cinta kasih erotis tidak juga merupakan cinta kasih kesaudaraan, ia hanya akan membawa kita kepada penyatuan yang bersifat orgiastis (pesta pora) dan sementara saja.
Daya tarik seksual untuk semcntara waktu menimbulkan khayalan penyatuan. Namun tanpa cinta kasih, sebenanya pcnyatuan ini membiarkan dua asing tctap bcrjauhan yang satu dcngan yang lain seperti scbelumnya. Kadang-kadang hal itu menimbulkan rasa malu diantara mereka. bahkan menimbulkan rasa bcnci yang salu tcmadap yang lain karcna, apabila khayalannya telah hilang, mereka Icbih-lcbih mcrasakan keasingan mcrcka yang satu terhadap yang Iain. Kemesraan sama sekali bukan mcrupakan sublimasi naluri-naluri seksual seperti yang diyakini Oleh Freud merupakan hasil langsung dari cinta kasih kesaudaraan. dan terdapat baik dalam bentuk-bcntuk cinta kasih fisis maupun psikis.
Dalan cinta kasih erotis terdapat eksklusivitas yang tidak terdapat dalam cinta kasih persaudaraan dan cinta kasih keibuan. Ciri-ciri eksklusif dalam cinta kasih erotis ini perlu  lebih lanjut. Kerap kali eksklusivitas dalam cinta kasih erotis disalah  tafsirkan dan diartikan sebagai suatu ikatan hak milik. Sering kita jumpai scpasang orang-orang yang sedang saling mcncinta tanpa merasakan cinta kasih tcmadap sctiap orang Iainnya.
Cinta kasih mereka sebenamya merupakan semacam egoisme dua orang mcrcka merupakan dua orang yang saling menentukan kesamaan dan yang tclah mengatasi keterpisahannya dengan cara "satu individu mewakili dua individu. Mereka mempunyai pcngalaman mengatasi kctcrpisahan. Namun, karcna łncreka sendiri terpisah dari sisa kcłnanusiaan itu, mereka tetap terpisah yang satu dari yang lain. dan tetap asing tcrhadap diri sendiri. Pengalaman mereka tentang penyatuan merupakan suatu ilusi. Cinta kasih itu eksklusif, tetapi didalam cinta kasih kcpada sescorang itu sekaligus dicintai dan dikasihaninya scluruh kemanusiaan. semua yang hidup.
Cinta erotis adalah kasih saying uang bersumber dari cinta erotis (birahi) merupakan sesuatu yang sifatnya khusu sehingga memperdayakan cinta sesungguhnya. Namun, bila orang yang melakukan hubungan erotis tanpda disadari rasa cinta didalamnya sama sekali tidak mungkin timbul rasa kasih saying.
Cinta kasih erotis itu eksklusif hanyalah dalam arti bahwa seseorang dapat nncnyatukan dirinya secara lengkap dan intensif hanya satu orang Iain saja. Cinta kasih erotis mengeksklusilkan cinta kasih terhadap orang lain hanyalah dalam segi-segi fusi erotis dan kcikutsertaan selengkapnya dengan semua aspek kehiudpan   lain, tetapi bukan dalam arti cinta kasih kesaudaraan yang terhadap orang Iain.
Cinta kasih erotis apabila ia benar-benar cinta kasih. mempunyai satu pendirian, yaitu bahwa seseorang sungguh-sungguh mencintai dan mengasihi dengan jiwanya yang scdalam-dalanmya, dan menerima pribadi orang lain wanita ataupun pria jiwanya yang sedalam-dalamnya. Pada hakekatnya, semua makhluk manusia itu identik. Kita semuanya merrupakan bagian dari satu: kita mcrupakan satu. Karena demikian halnya, maka sebenamya tak usahlah kita ambil pusing siapa yang kita cintai dan kita kasihi.
Cinta kasih pada hakekatnya merupakan suatu perbuatan kemauan. Suatu keputusan untuk mengikat kehidupan dengan kehidupan seseorang lain. Cinta kasih dianggap sebagai hasil suatu reaksi emosional dan spontan seolah-olah kita dengan tiba-tiba tercekam Oleh perasaan yang tidak dapat dielakkan. Menurut pandangan ini, orang hanya mcmpcmatikan ciri-ciri kedua individu yang bersangkutan, dan mengabaikan fakta bahwa scmua lelaki mcrupakan bagian dari adam. dan bahwa semua wanita mempakan bagian dari Hawa. Ada pula orang yang memandang bahwa faktor yang pcnting di dalam cinta kasih erotis itu adalah keinginan.
Mencintai dan mengasihi seseorang bukan hanya mcmpakan pcrasaan yang kuat. mclainkan merupakan suatu pulusan, suatu penilaian. suatu perjanjian. Apabila cinta kasih hanya mempakan perasaan saja, tidak ada dasamya untuk saling berjanji akan mcncintai dan mcngasihi untuk selama-lamanya. Perasaan itu dapat timbul dan tenggclam pula. Bagainranakah saya dapat memastikan bahwa perasaan iłu akan mcnctap sclama-lamanya bila perbuatan saya itu tidak mengandung suatu penilaian dan putusan.
Dengan memperhatikan pandangan-pandangan ini, łnaka dapat sanłpai kcpada pendapat bahwa cinta kasih hanyalah mcrupakan pcrbuatan kemauan dan mengikat diri saja schingga pada dasamya tidak usah dipcdulikan siapa-siapa kcdua orang yang terlibat di dalamnya. Apakah pemikahan iłu diatur oleh orang lain ataukah merupakan hasil pilihan individual. hal itu bukan menjadi soal. Yang terpenting sesudah pcmikahan iłu dilangsungkan ialah bahwa perbuatan kemauan seharusnya menjamin kelangsungan cinta kasih. Pandangan ini rupa-mpanya mengabaikan Ciri paradoks hakekat manusiawi dan cinta kasih erotis. Kita semuanya satu, namun tiap-tiap diantara kita merupakan mahluk unik yang khas yang tidak ada duplikatnya.
Dałam hubungan kita dengan orang-orang lain, paradoks iłu juga berlaku. Sejauh kita mcrupakan satu. kita dapat mcncintai dan mcngasihi tiap-tiap orang lain sccara sama dałam arti cinla kasih pcrsaudaraan. Tctapi, sejauh kita dalam pada iłu juga bcrbcda. cinta kasih erotis mcnurut adanya unsur-unsur sangat khas dan individual tcrdapat diantara bcbcrapâ orang tertentu saja, tctapi tidak pada semua orang.
Dan dalam cinta kasih erotis apabila ia benar-benar cinta kasih, mempunyai satu pendirian yaitu bahwa seseorang sungguh-sungguh mencintai dan menasihi dengan jiwanya yang sedalam-dalamnya. Cinta kasih erotis sebenarnya merupakan egoism dua orang, mereka adlaah dua orang yang saling menemuka kesamaan. Cinta kasih erotis mengekslusifkan cinta kasih terhadap orang-orang lain, tapi bukan dalam arti cinta kasih yang mendalam.
Demikian maka baik pandangan bahwa cinta kasih erotis merupakan atraksi individual belaka maupun pandangan bahwa cinta kasih erotis itu tidak lain dari pada perbuatan kemauan. kcdua-duanya benar atau lebih tepat jika dikatakan bahwa tidak terdapat pada yang satu, juga tidak pada yang lain. Cinta erotis ini cenderung mengarah kepada cinta sepasang insan berlainan jenis. Oleh karna itu. gagasan bahwa hubungan pemikahan mudah saja dapat diputuskan apabila orang tidak bersukses didalamnya. merupakan gagasan yang sama sekali keliru dengan gagasan bahwa hubungan semacam itu. di dalam kcadaan bagaimanapun. tidak boleh diputuskan.



 Kesimpulan
          Kita semua pasti pernah merasakan cinta, kasih sayang, kemesraan meskipun kita tidak menyadarinya. Semua cinta yang kita rasakan adalah bentuk anugerah dari Allah yang telah diberikan kepada kita sebagai manusia yang mempunyai hati nurani yang daoat merasakan kasih sayang dari sesame manusia, dari orang tua, dari Allah. Cinta kasih hanya dapat dirasakan oleh dua individu yang saling jatuh cinta dan tidak dapat dirasakan oleh individu lain yang tidak bersangkutan. Karena adanya kasih sayang yang disertai oleh cinta maka akan timbul suatu kemesraan dalam hubungan dua individu yang saling mencintai.
            Dan kita sebagai makhluk ciptaan Allah maka tempat pemujaan yang paling tepat adalah tempat yang sesuai dengan ajaran agama kita masing-masing. Jika kita menjalin hubungan maka akan menimbukan rasa belas kasihan kepada pasangan kit ajika pasangan kita mengalami masalah. Kita dapat membantunya dengan memberi semangat dan memberikan sebuah bantuan kepada pasangan kita yang mengalami masalah.Cinta kasih erotis akan dialami oleh setiap individu yang memiliki banyak kecocokan dalam    hubungan asmara. Cinta kasih ini adalah cinta yang didasari oleh rasa nafsu yang kuat. Dan cinta kasih erotis adalah pemenuhan hasrat pemberian cinta secara fisikal yang bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan dengan or

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Sistem Akuntansi Biaya menurut Pesanan

Kaitan IP, Teknologi, dan Kemiskinan

Penjelasan LIFO dan FIFO