Penjelasan Manajemen Layanan Sistem Informasi
Manajemen Layanan Sistem
Informasi
Di
era digital seperti ini, sudah banyak pesaing dunia bisnis yang menggunakan
teknologi informasi sebagai media pemasaran produk yang akan dijualnya
tersebut. Seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat, hampir semua
layanan dan aktivitas tidak jarang menggunakan peran teknologi informasi. Peran
teknologi informasi ini sangan penting untuk keberhasilan organisasi atau
perusahaan, karena daoat memberikan kesempatan untuk mendapatkan keunggunakan
kompetitif, dan menawarkan berbagai perlengkapan untuk meningkatkan
produktivitas organisasi.
Manajemen
Layanan Sistem Informasi adalah suatu manajemen dari semua proses yang bekerja
sama untuk memastikan kualitas layanan, sesuai dengan tingkat layanan yang
telah disepakati dengan pelanggan. Manajemen Layanan Sistem Informasi berfokus
pada proses dan karenanya terkait dan memiliki minat yang sama dengan kerangka
kerja dan metodologi gerakan perbaikan proses. Manajemen ini melakukan atau
melaksanakan pelayanan dalam suatu sistem di dalam suatu organisasi yang
mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi,
bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan
pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
Manajemen
Layanan Sistem Informasi umumnya menagani masalah operasional manajemen system informasi
dan bukan pada pengembangan teknologinya sendiri. Manajemen Layanan Sistem
Informasi fokus pada keselarasan antara layanan IT dengan sasaran bisnis dan
meningkatkan performa dari keseluruhan bisnis pada organisasi(van Bon, 2003).
Jadi,
Manajemen Layanan Sistem Informasi adlaah suatu metode yang memfokuskan pada
konteks dan persepsi konsumen dalam layanan Sistem Informasi dan meotde
tersebut tersebut menangani masalah tenatang karakteristik yang ada pada
manajemen sistem informasi.
Implementasi
Manajemen Layanan Sistem Informasi memberikan manfaat pada organisasi secara
keseluruhan. Ada beberapa manfaat yang diperoleh secara umum, yaitu sebagai
berikut :
- Peningkatan kualitas layanan TI.
- Layanan dapat memenuhi kebutuhan bisnis, pelanggan dan pengguna.
- Mengidentifikasikan kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan pendukung sistem infromasi.
- Memudahkan untuk mengidentifikasi kebutuhan yang kita butuhkan dan juga akan menampilkan pendukung dalam sistem informasi.
- Manajemen membantu keseimbangan diantara tujuan-tujuan yang telah ditetapkan.
- Manajemen dalam layanan sistem informasi dapat membantu mencapai tujuan yang disepakati bersama dalam perusahaan.
- Dalam manajemen ini dapat menyeimbangi diantara tujuan yang telah ditetapkan bersama.
- Adanya manajemen akan berguna untuk mencapai efisiensi dan efektivitas serta menjaga keseimbangan dari berbagai tujuan dan aspek.
-
sumber:http://stribawono.blogspot.com/2017/03/pengertian-manfaatserta-peranan.html
https://idcloudhost.com/sistem-informasi-manajemen-pengertian-fungsi-tujuan-manfaat-dan-contohnya/
http://rochim16.blogspot.com/2016/04/manajemen-layanan-sistem-informasi.html
Komentar
Posting Komentar